Progress on the next episode

Episode 111
Yukikage Village Murder Case - File 1

Indonesian Translations
100%
English Translations
100%
Typesetting
50%
Pre-editing
0%
Proof reading
0%
Final editing
0%
Encoding
0%

Chat Here

Light Novel Progress

Light Novel Case 1
Opera House : The New Murder

Scanning
100%
English Translations
100%
Indonesian Translations
81%
Image Editing
90%
Proof Reading
0%
Final editing
0%
Posted by : Fuyuki Takagi Aug 13, 2014

Ulasan Hitokui Lab Satsujin Jiken (Kasus Pembunuhan Laboratorium Pemakan Manusia)


Sebelum komik Kindaichi seri ulang tahun ke-20, Kasus Pembunuhan Laboratorium Pemakan Manusia dirilis Elex Media tanggal 20 Agustus nanti, KL akan memberikan beberapa ulasan tentang kasus ini.
Mungkin, dalam ulasan kali ini akan banyak muncul spoiler, bukan untuk mengecewakan orang-orang dengan menceritakan kasusnya, KL hanya ingin memberitahukan segi menarik dari kasus ini, jalan cerita dalam garis besar, pembunuhannya seperti apa, dll sebelum teman-teman membeli komiknya nanti.

Kasus Pembunuhan Laboratorium Pemakan Manusia ini adalah kasus pertama dari 4 kasus dalam seri ulang tahun ke-20.

Kasus Kedua adalah Kasus Pembunuhan di Puri Kegelapan (bisa baca di KL)

Kasus Ketiga adalah Kasus Pembunuhan Harta Karun Kowloon Hongkong (bisa lihat anime dan doramanya atau bisa baca chapter 1 di KL)

Kasus Keempat adalah Kasus Pembunuhan di Gedung Salib Mawar (bisa baca di KL).

Ulasan pertama.
Judul kasusnya mungkin terdengar sangat menarik. Hanya saja, saya admin KL memiliki penafsiran berbeda tentang terjemahan judul kasus ini.
Di beberapa website, ada yang menerjemahkan "Hitokui Lab Satsujin Jiken" menjadi "Canibal Laboratorium Murder Case" (dalam bahasa inggris).
Menurut saya pribadi, "Canibal" bukan kata yang cocok untuk menerjemahkan kata "Hitokui", saya lebih memilih terjemahan "Human-eater".
Kenapa?
Karena "Canibal" dan "Human-eater" itu berbeda.
"Canibal" => manusia pemakan manusia.
"Human-eater" => suatu makhluk pemakan manusia.
Jadi, menurut saya pribadi judulnya (dalam bahasa inggris) adalah Human-Eater Laboratorium Murder Case atau Kasus Pembunuhan Laboratorium Pemakan Manusia (dalam bahasa Indonesia).

Ulasan berikutnya.
Mungkin banyak dari kita (termasuk saya pribadi) menganggap kasus ini lumayan sadis, karena judulnya yang ada kata-kata "Pemakan Manusia".
Tapi dalam kasus ini yang dimaksud "Pemakan Manusia" bukan korbannya nanti dimakan oleh Laboratoriumnya / salah satu anggota tubuhnya menghilang seperti telah dimakan sesuatu, tapi maksudnya adalah Laboratorium yang membuat para penghuninya ingin bunuh diri / yang mengajak penghuninya ingin bunuh diri.
Jadi, korbannya akan tewas dan tampak seperti bunuh diri.

Tema utama dari kasus ini adalah kasus pembunuhan berantai yang disamarkan menjadi sebuah kasus bunuh diri.

Para Suspect atau tokoh yang terlibat ada 8 orang.
1. Makine Tsukasa : Pengunjung. Dulunya seorang peneliti di Lab. Hitokui.
2. Tanise Ayane : Pengunjung. Dulunya seorang peneliti di Lab. Hitokui.
3. Zaizen Otohiko : Pengunjung. Pacar Tanise Ayane.
4. Midorikawa Mayu : Kepala Lab. Hitokui. Teman sekelas Kindaichi dan Miyuki ketika masih SMP.
5. Wanibe Eisuke : Pengunjung. Dulunya seorang peneliti di Lab. Hitokui.
6. Hajima Shuuya : Pengelola Lab. Hitokui.
7. Kodaka Minae : Peneliti Lab. Hitokui.
8. Nakagami Fukashi : Wakil Kepala Lab. Hitokui.
(Spoiler, jadinya kalian tahu siapa yang akan mati, heheheh)


Menurut saya pribadi, kasus ini sangat unik dan berbeda dari kasus Kindaichi pada umumnya.
Biasanya di setiap kasus, pasti ada beberapa hal yang mirip dengan kasus lain (entah itu jalan cerita, motif pelaku, dll).
Tapi, kasus ini sangat berbeda dari segi tema utama, yaitu Pembunuhan yang disamarkan menjadi kasus bunuh diri.


Ulasan berikutnya, Pembunuhan pertama.
Korban pertama meninggal karena lompat dari lantai 3.
Bukan karena memang ingin melompat dari lantai 3, tapi karena suatu trik yang membuat korban melompat dari lantai 3.
????? Bingung ?????
??Kok bisa??
Bisa saja. Triknya lumayan geletek / biasa saja, tapi bisa memaksa si korban untuk melompat. Tapi triknya lumayan beresiko. Kemungkinan berhasilnya 50:50.
Triknya seperti apa? Beli komiknya nanti tanggal 20 Agustus.

Ulasan berikutnya, Pembunuhan kedua.
Korban kedua ini meninggal karena kehabisan darah.
Dia ditemukan tewas sedang tertidur di bathtub (ceritanya dia sedang mandi lalu tertidur di bathtub, tapi tidak ditenggelamkan seperti di kasus Pembunuhan oleh Inspektur Kenmochi) dengan pergelangan penuh luka sayatan.
Saat itu, semua orang memiliki alibi atau meskipun tak punya alibi tapi tetap tidak mungkin membunuh korban.
Tapi di sini Kindaichi mulai merasa kalau kasus "Bunuh Diri" ini sebenarnya adalah kasus pembunuhan.

Berikutnya, Pembunuhan ketiga.
Korban ketiga meninggal karena kehabisan nafas.
Heh ???
Untuk kasus ketiga ini memang terlalu aneh untuk dibilang sebagai kasus bunuh diri.
Korban terkunci disebuah ruang yang dulunya menjadi tempat bunuh diri Kepala Lab. sebelumnya (Ayahnya Mayu).
Korban terkunci di ruangan itu dan lama-kelamaan kehabisan nafas.
Bagaimana caranya korban bisa kehabisan nafas???



Jadi, siapakah si pelaku "Pemakan Manusia / Hitokui" yang telah memakan jiwa mereka???
(Gambar Hitokui/Pemakan Manusia)




Sekian ulasan Kasus Pembunuhan Laboratorium Pemakan Manusia. Mungkin ulasan kali ini terlalu banyak memberi spoiler, jadi saya selaku admin KL mohon maaf sebesar-besarnya.
Dan jangan lupa untuk membeli komiknya di toko buku terdekat, nanti tanggal 20 Agustus.

Jangan lupa beli ya.


Admin KL punya rencana akan membuat tebak-tebakan (maksudnya menebak siapa pelaku dalam kasus pembunuhan Lab. Pemakan Manusia ini, triknya seperti apa, dll) dan hadiahnya adalah komik Kindaichi seri ulang tahun ke-20 vol. kedua dan akan dikirim langsung ke alamat pemenang. (Kalau Komik seri ulang tahun ke-20 vol. kedua sudah dirilis).
Tapi ini masih berupa rencana, heheheh

Jaa, Mata Nee!

Jangan lupa beli komiknya di toko buku terdekat.

Kalau gak ada, pesan saja ke toko buku di Kota sebelah.

Kalau masih gak ada, pesan saja langsung di situsnya Gramedia.

Pokoknya harus beli komiknya.

Dengan membeli komiknya itu sama dengan kita mensupport pengarangnya (Amagi Seimaru, Satou Fumiya dan Kanari Youzaburou) untuk semakin berkarya dan melanjutkan kisahnya Detektif Kindaichi.

{ 18 comments... read them below or Comment }

  1. gan, komik volum kedua kasus lab pemakan manusia kapan ya terbitnya???

    ReplyDelete
  2. 10 September 2014.
    3 chapter terakhir kasus Lab Pemangsa Manusia + 5 chapter awal kasus Harta Karun Hongkong Kowloon

    ReplyDelete
  3. Aduh bete ga sih vol.2 belum ada :(:(:( tapi yg bunuh kayaknya mayu deh

    ReplyDelete
  4. Udah rilis kok, tgl 10 september lalu.
    Malah vol.3 juga udah rilis minggu lalu.
    Coba lihat toko buku yg lain atau di toko buku kota sebelah.

    ReplyDelete
  5. ada yang tau arti pesan terakhir mayu ke kindaichi ga ya? hehe

    ReplyDelete
  6. Aku. Aku. Aku *tunjuk jari.
    Aku tau jawabannya.
    Tapi, dikasih tahu gak ya?
    Heheheh

    ReplyDelete
  7. kasih tau donk... hehe

    kan sesama Kindaichi Lovers

    ReplyDelete
  8. Aku kasih petunjuknya aja.
    (Gak enak kalau langsung ngasih tahu jawabannya)
    1. Daftar nama yg diberi Mayu.
    2. Alfabet.
    Kurasa petunjuknya sudah cukup.
    Ja, ganbatte

    ReplyDelete
  9. Memang, jawabannya dalam bahasa jepang.
    Tapi bahasa jepangnya mudah diterjemahkan..
    Pokoknya kata kuncinya adalah ALFABET.
    Itu saja.

    ReplyDelete
  10. saya sudah coba, apakah daftar namanya tidak terpakai? saya dapatnya 2 kata yang sama.. apakah benar?

    ReplyDelete
  11. Daftar namanya juga kepakai.
    Pertama, tanpa daftar nama.
    Yg kedua dengan daftar nama.
    Memang 2 kata yang sama itu apa?

    ReplyDelete
  12. saya dapatnya 2 2nya sama, arigato arigato.. hehe
    bener ga ya?

    ReplyDelete
  13. "Arigato" salah satu jawabannya.
    Cuma, jawaban utamanya bukan itu.
    Atau nanti aku buatkan artikel buat memecahkan teka-teki ini?

    ReplyDelete
  14. boleh.. hehe.. penasaran juga nih.

    ReplyDelete
  15. kasih petunjuk lagi dong

    ReplyDelete
  16. @kinta nanti ane buatkan artikel khusus utk memecahkan teka-teki ini. Cuma skrng ane lagi sibuk jdi ditunggu aja.
    Doakan semoga ada waktu luang :)

    ReplyDelete
  17. Kenapa ga diupload T.T ga lagi di Indo, ga bisa baca kasusnya

    ReplyDelete
  18. Maaf, kami gak bisa upload kasus ini, karena udah dirilis sama Gramedia.
    Kalau mau baca komiknya, bisa baca yg bahasa inggris di sini

    http://shoujosense.com/index.php?topic=2148.0

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 KINDAICHI LOVERS - Fansuber Otaku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -